Rabu, 11 Januari 2012

tentang komunikasi massa

NAMA :NUR AFNI HIDAYATI
NIM : F1C010034

KOMUNIKASI MASSA
1. Kita perlu mempelajari media karena media merupakan bagian dari sistem komunikasi modern yang selalu berkembang dan bersifat dinamis. Dimana terdapat berbagai fungsi dari suatu media yang mencakup kegiatan komunikasi manusia. Seiring dengan perkembangan media, menyebabkan media itu sendiri perlu dipelajari secara continue.
2. Karakteristik media :
• Media adalah system komunikasi manusia.
• Media digunakan untuk proses industrialisasi teknologi untuk menghasilkan pesan.
• Media bertujuan untuk menjangkau masyarakat luas dan sering disebut operasi media massa melalui produksi massal yang didasarkan pada popularitas.
• Media biasanya bertujuan untuk memungkinkan komunikasi melintasi jarak antara orang-orang, atau untuk memungkinkan komunikasi di mana pengirim tidak perlu hadir sebagai komunikasi yang baik dicatat dan kemudian ditransmisikan.
• Media yang disebut 'media' karena mereka benar-benar di tengah, atau rantai media, komunikasi (media berarti 'tengah' dalam bahasa Latin), mereka adalah mekanisme yang menghubungkan pengirim dan penerima.
• Pengembangan media telah dipengaruhi oleh kepentingan komersial yang mengakui bahwa media adalah industri berpotensi sangat menguntungkan.
3. Media world yaitu
Sejarah mengenai perkembangan media :
• Media besar pertama dalam kebudayaan Barat adalah mencetak pada abad ke16, yang menyebabkan reproduksi dan distribusi informasi dan hiburan melalui pamflet, buku, dan surat kabar yang berbahan dasar kertas.
• Selama abad ke-18 dan ke-19 akhir revolusi industri di Eropa telah melihat bentuk-bentuk baru dari kekuasaan dan manufaktur untuk perkembangan pesat teknologi pencetakan. Pada saat yang sama, ada sebuah revolusi dalam sistem komunikasi untuk transportasi jalan, kereta api, dan air. Perubahan-perubahan sosial besar dan bentuk-bentuk baru produksi industri menyebabkan peningkatan besar dalam populasi perkotaan dan cara-cara baru kerja dan rekreasi. Permintaan untuk informasi komunikasi yang cepat dan hiburan meningkat bersamaan dengan munculnya keaksaraan.
• Akhir abad ke-19 dan awal pertengahan abad ke-20 melihat gebrakan sistem komunikasi dan teknologi selanjutnya, yang telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita dalam berbagai cara. Munculnya fotografi, film, rekaman suara, radio, dan televisi menyebabkan perkembangan dari telepon dan telegraf cepat mengubah sistem di sepanjang jalan, terutama untuk mobil dan pesawat, semua digabungkan untuk mengubah peta budaya manusia selamanya.
• Sejak sekitar 1980, dan ketika kita bergerak ke abad 21, kita memiliki pengalaman hidup dan revolusi lain dalam komunikasi untuk perkembangan teknologi baru, bermacam-macam computer chip. Satelit dan kabel komunikasi, televisi digital, computer, video game, virtual reality, dan internet yang kemudian merubah pola tingkah laku kita, mode akses pengetahuan kita, hiburan kita, dan cara kita melihat dunia dan interaksi dengan sesame. Kita benar-benar hidup di dunia media.
4. Pengaruh signifikan perkembangan tekhnologi terhadap perkembangan media terlihat ketika perubahan teknologi cenderung menjadi implementasi ketika mereka melihat keuntungan. Dimana menyebabkan perkembangan media mengarah kepada kapitalis. Saat ini kebanyakan media merupakan milik swasta, hal ini berpengaruh dengan peran pemerintah yang kurang dalam keikut sertaannya dalam suatu media. Sehingga ditemukan melalui iklan pada produk ekonomi dan konsumsi lebih besar daripada sistem public, tapi mereka tetap terikat untuk menegakkan hukum kesusilaan dan penerimaan dimonitor melalui peraturan pemerintah.
5. Penggunaan media dalam tujuan negatif :
• Dengan mengembangankan teknologi media untuk keuntungan ekonomi dalam proses komunikasi manusia
• Dengan mendirikan perusahaan agar menyandang kepemilikan publik atau swasta, dimana transmisi informasi dan hiburan di seluruh waktu dan ruang untuk kelompok orang.
Penggunaan media dalam tujuan positif :
• Adanya proses pembangunan makna, melalui penilaian, penelitian, berbicara kembali, surat kepada editor, dan mekanisme umpan balik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar