Rabu, 11 Januari 2012

pengaruh budaya dalam mengolah blog

NAMA : NUR AFNI HIDAYATI
NIM : F1C010034

Pengaruh Budaya Dalam Mengolah Blog
Kebudayaan merupakan hal yang sangat mendasar dalam bidang apapun. Karena budaya muncul secara turun temurun, atau merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, sulit untuk lepas dari suatu budaya yang telah melekat pada diri kita.
Di sisi lain tentu saja budaya akan sangat mempengaruhi berbagai aktifitas yang kita lakukan. Tidak terkecuali dalam membuat dan mengolah blog. Setiap orang memiliki sudut pandang dan gaya bahasa yang berbeda-beda. Begitu pula dengan saya. Walaupun saya tidak secara teratur membuka dan membuat tulisan dalam blog, namun blog milik saya mungkin mudah ditebak oleh beberapa orang yang membaca dan berkomentar. Karena di dalamnya terdapat beberapa tulisan yang menggunakan Bahasa Jawa yang berarti saya adalah orang dari Suku Jawa.
Saya tidak berharap banyak mendapat komentar, karena kebetulan teman di blog saya juga terbatas. Salah satu faktornya yaitu karena berbagai media online yang semakin ketat persaingannya. Dan mungkin eksistensi blog yang kurang diminati anak usia belasan karena belum dirasa manfaatnya.
Sejak duduk di bangku SMA saya sudah mulai mengenal blog. Hal ini disebabkan beberapa buku yang saya baca mampu mempengaruhi saya untuk mencoba membuatnya. Awal mula tulisan saya hanya berupa cerita-cerita pengalaman pribadi. Semakin mengerti blog, saya mulai senang membagikan serta foto-foto pengalaman yang saya lewati. Namun tidak lepas dari budaya ketimuran yang saya anut, foto-foto yang saya unggah saya angap telah lulus sensor. Beberapa diantaranya juga terdapat foto yang berupa keindahan alam di Indonesia yang sebagian saya kunjungi dan sebagian lagi baru saya impikan untuk mengunjunginya.

Setelah memasuki dunia perkuliahan, saya lebih sering menuliskan beberapa hasil dari tugas-tugas berbagai mata kuliah yang saya rasa dapat bermanfaat bagi orang lain. Karena saya mengharapkan tulisan-tulisan dalam blog saya tidak hanya berisikan cerita singkat mengenai pengalaman saya, tapi juga memuat tentang beberapa hasil tugas yang dapat dibaca oleh banyak orang.
Menurut saya, blog merupakan media yang sangat bermanfaat. Tidak jarang bagi saya menemukan berbagai referensi dan opini-opini dari banyak orang yang berawal dari blog. Selain itu, banyak juga orang yang mengatakan jika kita pandai mengolah blog, maka blog bisa memberikan penghasilan untuk kita. Maka dari itu, untuk siapa saja, terutama orang yang gemar menulis. Tidak ada salahnya mencoba untuk membagi tulisan dalam blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar