Rabu, 11 Januari 2012

review jurnal komunikasi pembangunan

TUGAS TERSTRUKTUR
REVIEW JURNAL

NUR AFNI HIDAYATI F1C010034

Pembangunan pada bidang kesehatan mengenai perawatan primer dan sekunder dipengaruhi oleh budaya masyarakat. Oleh karena itu, pengembangan antar muka sangat dibutuhkan untuk menyamakan perspektif para stakeholdernya. Sehingga munculah NHS (National Health Service) guna mengatasi faktor-faktor budaya dan politik yang mampu menghambat responden dalam menerima perawatan primer.
Pemerintah mengupayakan perluasan peran dokter umum agar pelayanan perawatan primer dapat terus berkembang sesuai dengan kemajuan tekhnologi. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi perspektif lokal dan memprediksi hambatan dan peluang untuk perkembangan di masa depan.
Setelah data dikumpulkan dari berbagai responden dan stakeholder, selanjutnya data tersebut disusun menjadi transkrip lalu dianalisis yang didalamnya terdapat kesimpulan. Yaitu ada sekelompok orang yang kecewa dengan adanya perubahan mengenai kekuasaan dokter, lalu ada pula yang terang-terangan mengungkapkan bahwa perubahan tersebut merupakan suatu hal yang negatif, dan kelompok lain yang mayoritas mengatakan bahawa perubahan yang akan dilakukan merupakan hal yang baik walaupun penuh dengan resiko karena harus mempercayai seseorang sepenuhnya.
Sebagai seorang yang diberi kepercayaan penuh untuk melakukan perubahan juga terkadang timbul pula beban yang dirasakan. Karena semakin banyak pula orang yang terlalu berharap kepadanya, sehingga jika ternyata terjadi kegagalan akan menimbulkan kekecewaan.
Berbagai tekhnologi saat ini sangat membantu kecepaan dan ketepatan dalam proses bidang kesehatan. Namun tidak dipungkiri pula apabila suatu saat akan muncul efek samping dari alat tersebut. Hal ini menimbulkan banyak responden yang berargumen bahwa seseorang dokter akan sangat memegang kekuasaan dan dilindungi. Dimana menyebabkan keraguan itu muncul.
Terjadinya pro dan kontra memang selalu terjadi dalam awal dan proses mulainya perubahan. Karena masih belum bisa diketahui prosentase keberhasilannya. Dengan keragaman pandangan tersebut yang sangat dipengaruhi oleh budaya akan dapat ditasi dengan pengungkapan tentang fungsi tujuan dan manfaat dari perubahan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar